Keuangan dan Pembiayaan

Posted on December 7, 2009. Filed under: About Us |

a. Modal Awal

– Untuk tahap awal, hingga minimal satu tahun, akan masih sangat tergantung dengan pendanaan dari Pondok, para donator dan investor yang berafiliasi kepada Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

– Produksi perdana belum bisa diperdagangkan, dan masih sekedar menjadi dummy (contoh promosi). Produksi perdana ini sangat bergantung dengan ketersediaan dana Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, yang didukung donator maupun investor.

– Penetapan harga jual harus dimusyawarahkan pihak manajemen majalah dan Pondok Pesantren Al-Amien, yang disesuaikan dengan kemampuan beli segmen pasar Al-Amien, serta pertimbangan kekuatan finansial Pondok.

– Jika berjalan lancar dan majalah mampu populer di masyarakat, majalah sangat berpotensi membuka pintu kerjasama dan bisnis dalam advertasi (iklan). Dana komersial ini dapat digunakan untuk memperkuat operasional kemajalahan.

b. Pembiayaan Operasional Lanjutan

Segmentasi pasar andai tergarap maksimal, tentu dapat menopang operasi dan kehidupan majalah. Pasar yang paling potensial adalah para wali santri, santri, alumni, masyarakat dan simpatisan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Belajar dari media semisal, seperti Majalah Gontor, biaya produksi yang besar disiasati dengan mengambil iuran dari para wali santri untuk berlangganan majalah tersebut. Beban iuran ini dapat dikomulasi dalam biaya pendidikan bulanan. Namun idealnya, iuran ini dibayarkan secara “paket” untuk masa setahun berlangganan, guna menjaga kestabilan manajemen majalah.

Kiat ini akan sangat membantu keberlanjutan produksi majalah. Dan dengannya insyaallâh akan lekas mengangkat eksistensi dan perkembangan majalah ini.

c. Laporan Keuangan

Manajemen majalah harus melaporkan seluruh alokasi keuangan tahunan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien. Laporan diberikan perakhir Ramadhan setiap tahunnya.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: