Manajemen dan Kantor Pusat

Posted on December 7, 2009. Filed under: About Us |

Agar efektif dan efisien, pengelolaan manajemen Majalah Al-Amien harus independen. Namun tetap melibatkan sebanyak-banyaknya SDM Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, dan berada dalam pengasuhan dan bimbingan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien.

Mengingat besarnya tugas dan lingkup kerja yang akan diemban majalah ini, diusulkan agar majalah ini memiliki dua kantor pelaksana: pusat dan pendukung. Yaitu di Jakarta (sebagai Pusat) dan kantor pendukung di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

a. Kantor Pusat

Kantor Pusat manajemen dan keredaksian, selayaknya berkedudukan di Jakarta karena beberapa alasan:

– Sebagai ibukota negara, Jakarta merupakan sentra pemerintahan dan pusat informasi publik. Karena posisi strategis administratifnya sebagai pusat kekuasaan, tentu akan sangat banyak hal, isu, berita dan sumber-sumber keilmuan yang bisa digali untuk disebarkan sesuai dengan kebutuhan misi, visi, semangat dan pakem Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

– Dengan berpusat di Jakarta, mobilitas keredaksian, manajemen dan promosi juga akan lebih mudah, dan tentunya akan mengefisiensikan biaya produksi keredaksian dan manajemen.

– Sangat banyak potensi di Jakarta yang dapat digali demi kepentingan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Promosi dan penguatan kelembagaan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan akan lebih intens dan efektif untuk sampai dan menerobos birokrasi dan sentra-sentra pergerakan Islam.

– Umum dalam dunia usaha, barometer kesuksesan sebuah usaha diukur dari kemampuan, kehandalan dan kesuksesannya bertahan dan mengembangkan sayap di ibukota. Karena keras dan kompetitifnya persaingan usaha di wilayah tersebut.

b. Kantor Pendukung

Kantor Pendukung berada di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Madura. Kantor ini bertanggungjawab mengatur sirkulasi dan distribusi majalah. Serta urusan keredaksian internal pondok dan kemaduraan.

Kinerja kantor pendukung ini diusulkan agar:

– Didirikan lembaga khusus yang menangani sirkulasi, distribusi, dan keredaksian internal pondok.

– Mendayagunakan Al-Amien Post dan PUSDILAM sebagai lembaga terdepan keredaksian, dengan tujuan pengkaderan.

Walau memiliki dua kantor, namun manajemen dan keredaksian berpusat di Jakarta untuk efisiensi dan efektifitas.

Hubungan manajemen majalah dengan manajemen Yayasan Pondok Pesantren Al-Amien hanya berlaku dalam hal keuangan dan jaringan pendataan, serta urusan-urusan keredaksian kepondokan, yang kiranya dapat terwakili dengan mendayagunakan SDM masing-masing Sekretariat lembaga-lembaga Pondok Pesantren Al-Amien.

Pembagian, cara kerja, mekanisme dan teknis kerja kedua kantor ini akan diatur kemudian dalam juklak kerja majalah, berdasarkan pertimbangan efektifitas dan efisiensi.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: