Iftitah Juni 2009

Posted on May 11, 2010. Filed under: Umum |

Assalâmu’alaikum wr, wb.

Qalam terus bergerak. Alhamdulillâh banyak perubahan dan perbaikan terus kami lakukan untuk mengemas majalah tercinta ini menjadi lebih baik. Sejak edisi kedua yang lalu, tampilan Qalam terus dibenahi, dan telah kian memperlihatkan karakter khas seperti yang diidamkan. Ke depan, kami akan melakukan lebih banyak inovasi dalam bidang ini.

Edisi kedua menjadi edisi transisi lanjutan dalam pengembangan rubrikasi Qalam. Rubrik “Headline” menjadi pengganti sub rubrik “Berita” pada edisi sebelumnya, dan rubrik “Cover Story” berisi aneka feature dalam berbagai isu yang dikomulasi dalam satu rubrik.

Pada edisi ketiga kali ini, kami masih melakukan penjajakan perubahan rubrikasi tersebut. Konsep penyusunannya kami kembalikan kepada format awal edisi perdana. Yaitu kategorisasi rubrik berdasarkan tema khas. Seperti Agama, Pendidikan, Sosial Politik, Keluarga, Anak, Remaja, dan Bisnis.

Cover Story yang ditampilkan kali ini, berisi nukilan aneka tulisan dari berbagai rubrik, yang kami anggap paling menarik untuk diutamakan tersaji kepada pembaca, tapi tetap dengan letak yang tidak berpindah atau terpisah dari kategori rubrik asalnya.

Pada edisi ini kami juga menambah rubrik khusus, yaitu Motivasi dan Riset. Rubrik riset berisi paparan ril hasil kajian lembaga-lembaga riset yang kompeten di bidangnya. Rencana ke depan, Qalam akan rutin melakukan riset independent terhadap isu-isu krusial dalam masyarakat.

Perubahan sangat berarti lainnya kami lakukan dalam suplemen khusus santri Pondok Pesantren Al-Amien. Dalam tiga edisi sebelum ini, suplemen tersebut telah dicoba untuk diterbitkan bergilir dalam tiga bahasa: Suplemen Khazanah pada edisi perdana untuk Bahasa Indonesia, Suplemen Al-Wafa pada edisi kesatu untuk Bahasa Arab, dan Suplemen Zeal pada edisi kedua untuk Bahasa Inggris.

Setelah melalui evaluasi panjang, akhirnya kami berinisiatif memadukannya dalam satu wadah suplemen bernama “Khazanah”, dengan konten tiga bahasa yang sinergis. Pengembangan-pengembangan ini kami harap kian memberi kenyaman para pembaca untuk mengkaji informasi dan wawasan yang Qalam sajikan.

Pembaca yang Budiman.

Dengan keterbatasan yang ada, komitmen pengabdian umat dan masyarakat yang kami empat tak akan ditinggalkan. Bulan ini, tepatnya tanggal 28 Juni 2009, bekerjasama dengan LPP (Lembaga Peduli Pendidikan), kami turut mendukung kegiatan Diklat Pendidikan Nasional yang penggiat utamanya sebagian besar berasal dari kalangan mahasiswa Universitas Islam negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Ke depan, jika tak ada aral melintang, kami bertekad mengembangkan kegiatan-kegiatan produktif dan bermanfaat sejenis lainnya di berbagai tempat. Tentunya dengan peran dan kerjasama erat para pembaca dan simpatisan Qalam. Insyâ`allah, bi ‘aunihi wa taufîqihi.

Demikian.

Wassalâmu’alaikum wr, wb.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: