Makan Bersama Kurangi Tindakan Negatif

Posted on May 11, 2010. Filed under: Headline News |

Karena alas an kesibukan, tradisi makan bersama keluarga kini telah banyak hilang. Padahal, kebiasaan tersebut diyakini dapat memberi banyak nilai positif terhadap anggota keluarga.

Anak-anak yang makan didampingi orangtua, akan mendapat asupan makan lebih tepat. Mereka menjadi lebih sehat dan bahagia dengan mengonsumsi makanan bergizi. “Anak yang makan didampingi orangtuanya akan mengonsumsi sedikit junk food, dan lebih kecil mengalami masalah overweight (kelebihan berat badan). Orangtua akan mendapatkan kepuasaan batin dalam kehidupan keluarga,” jelas David L. Katz, M.D, dari Oprah Magazine, seperti dikutip MSN Health&Fitness (5/11/2009).

Sementara hasil penelitian dari Universitas Minnesota dan National Center on Addiction & Subtance Abuse di Colombia University Amerika Serikat mengungkapkan, kebiasaan makan bersama dapat menurunkan terjadinya penggunaan drugs, ketergantungan minum yang memabukkan dan merokok. Juga dapat mengurangi terjadinya penyakit kelainan makan pada remaja.

Makan bersama juga dapat menjadi media menumbuhkan rasa cinta sesama anggota keluarga. Karena bisa dimanfaatkan menjadi tempat sharing, berbagi informasi, dan berkasih sayang. Belum lagi rutinitas makan bersama bisa menjadi media bertukar kasih sayang melalui tatapan maupun sentuhan. Selain itu dapat memperkuat harmonisasi keluarga. (nanang)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: