Meningkatkan Daya Ingat

Posted on May 11, 2010. Filed under: Tips |

Daya ingat identik dengan faktor usia, semakin lanjut usia seseorang, semakin menurunlah daya ingatnya. Namun, banyak cara bisa dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan daya ingat kita.

1. Senam Otak

Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakkan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya, menyebut judul lagu-lagu lama, bait puisi saat kecil, atau sebut 10 barang yang ada di dalam kulkas.

2. Makanan

Bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, bahan makanan berwarna merah dan ungu, seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah juga bermanfaat. Bahan makanan kaya asam folat, seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.

3. Air Putih

Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

4. Tidur Cukup

Tidur dibutuhkan agar sel tubuh beristirahat dan beregenerasi. Termasuk sel otak. Sebab itu, usahakan bangun kerjasama fisik dan mental yang baik agar tercipta tidur sehat dan berkualitas.

5. Santai

Tekanan atau stres membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak sambil melakukan aktivitas santai, seperti membaca buku atau bermain game online untuk memulihkan kerja otak.

6. Permainan Asah Otak

Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di koran atau memainkan sudoku di telepon genggam, bermanfaat positif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

7. Berpikir

Mengingat satu hal yang tak kunjung muncul di kepala pasti menjengkelkan. Saat mengalaminya, jangan panik. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan, seperti jenis buah-buahan, olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktivitas itu akan membantu seseorang lebih cepat mengingat hal penting yang ia lupakan.

8. Bertamasya ke Masa Lalu

Melihat kembali hal-hal di masa lalu, secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang. Saat pulang kampung misalnya, cobalah memunculkan kembali kenangan masa kecil.

9. Berpikir Lewat Gambar

Cara ini bisa dipraktikkan saat menyusun daftar belanja. Catat barang-barang yang akan dibeli, sambil membayangkan diri Anda sedang berjalan menyusuri lorong-lorong supermarket dan menemukan produk yang diinginkan.

10. Olahraga

Lakukan latihan fisik yang merangsang perbaikan sirkulasi darah seperti joging atau aerobik. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berpikir. (jalal/vivanews.com)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: