Muslimkah Yang Paling Tidak Dipercaya?

Posted on May 11, 2010. Filed under: Headline News |

Orang Islam dianggap menjadi kelompok religius yang paling dibenci oleh masyarakat Barat, khususnya Amerika Serikat (AS). Khususnya pascatragedi 11 September.

Tak perlu banyak analisis untuk melihat bagaimana hal ini bisa terjadi, karena seperti yang banyak diberitakan di berbagai media massa, mayoritas penduduk AS banyak yang menduga pelakunya adalah dari kalangan Muslim garis keras.

Tapi nyatanya, hal ini tidak menjadikan umat muslim Amerika sebagai orang yang paling tidak dipercaya oleh penduduk AS lainnya.

Ini terbukti dari hasil riset yang dilakukan Asosiasi Sosiologi Amerika. Rupanya kaum ateis malah yang dipandang lebih tidak ‘berjiwa Amerika’ dibanding kaum Muslim, imigran, gay dan lesbian, atau kelompok minoritas lainnya.

Menurut Penny Edgell, sosiolog yang meneliti hal ini, meski bangsa AS sangat beragam secara budaya, mereka secara historis juga sangat beragama. Religiusitas dianggap sebagai salah satu nilai inti yang membuat sebuah kelompok dianggap pantas sebagai bagian dari masyarakat AS atau tidak.

Kaum ateis yang tidak menganut nilai ini, dicap sebagai kelompok yang paling tidak dipercayai oleh warga AS. Hal ini berpengaruh pada pernikahan, banyak warga AS tidak mengijinkan anaknya menikah dengan orang ateis.

Selain itu, masih luas pula stereotipe dan prasangka negatif mengenai ateisme dan orang ateis di AS. Ateis masih dianggap sebagai orang yang tidak bermoral, materialistik, serta egois, dan tidak peduli dengan orang lain atau masyarakat. Kuatnya persepsi ini diduga berkaitan dengan tingkat pendidikan, orientasi politik, dan pengalaman akan keragaman. (jalal/asanet.org)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: