Narsisme Tersembunyi Facebook

Posted on May 11, 2010. Filed under: Headline News |

Pengguna Facebook harus berhati-hati. Pasalnya Menurut penelitian yang dilakukan University of Georgia, para pengguna dengan jumlah jaringan pertemanan yang luas ini sudah mencapai ambang membahayakan dalam sifat dan mental narsisme.

Laura Buffardi, seorang mahasiswa kedokteran psikologi dari universitas itu, dan Professor W. Keith Campbell, telah melakukan survei terhadap 130 pengguna Facebook dan menganalisis halaman Facebook mereka, serta mewawancarai kalangan awam untuk mengakses pembuat halaman yang narsis tersebut.

Campbell mengungkapkan bahwa mental narsisme selalu bersembunyi dalam kemampuan untuk membuat pertemanan yang sehat. Narsisme mungkin mirip dengan pesona diri, namun dalam banyak kasus jejaring Facebook, para penggunanya cenderung mempergunakan narsisme untuk kepentingan mereka.

Campbell dan peneliti lainnya memilih Facebook karena popularitas situs itu dan format situsnya yang berupa profil sosial, sehingga lebih mudah untuk melakukan studi banding. Menurut Campbell, aspek narsisme yang marak diperlihatkan pengguna Facebook adalah dalam upaya mempromosikan diri dan kuantitas pertemanan yang dimiliki.

Sifat narsisme boleh dikategorikan sebagai kekurangan, seperti yang dikemukakan Mayo Clinic, “Kepribadian yang narsis adalah kekurangan mental yang dapat membuat seseorang menaikkan rasa untuk kepentingan dirinya dan melakukan pemujaan terlalu mendalam terhadap diri sendiri. Mereka percaya bahwa superioritas mereka melebihi orang lain, dan hanya sedikit menghargai perasaan orang. Namun, di balik topeng super percaya diri itu, di dalamnya terdapat kerapuhan yang akan menukik tajam ketika mendapat kritikan.”

Campbell menuturkan, orang atau perusahaan yang memiliki narsisme, biasanya justru memiliki pikiran positif terhadap diri sendiri. Skor narsisme yang tinggi dapat membantu seseorang untuk mengembangkan intelegensi, power, dan aksi fisik yang unik. Mereka yang memiliki level narsisme tinggi, pada umumnya memiliki jumlah teman Facebook yang banyak. Tapi umumnya, kebanyakan pengguna Facebook secara khusus berharap agar halaman profil pribadinya tidak terlihat sebagai sifat narsisme. (ariel)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: