Tidak Semua Pernikahan Membahagiakan

Posted on May 11, 2010. Filed under: Headline News |

Menikah adalah impian setiap manusia, terutama wanita. Terbayang segala keindahan saat menjalani bahtera rumah tangga. Namun ternyata, tidak semua pernikahan membawa kebahagiaan. “Ada beberapa yang justru merugikan kaum perempuan,” ujar Azriana, Ketua Sub Komisi Pemulihan Komnas Perempuan beberapa waktu lalu.

Pertama adalah pernikahan siri ataupun kawin kontrak. Pada pernikahan ini, tak ada surat-surat yang mengesahkan terjadinya pernikahan. “Jika terjadi sesuatu, laki-laki dapat pergi begitu saja. Istri tak dapat menuntut apa-apa, karena tidak memiliki dasar hukum yang kuat,” katanya.

Kedua adalah poligami. Azriana mencontohkan, ada seorang pria menikah sampai empat kali, dan keempat istrinya menjadi tenaga kerja di luar negeri untuk mencukupi kebutuhan hidup pria itu.

Ketiga adalah pernikahan paksa, yang dilakukan karena alasan adat. Rumah tangga yang didasari oleh paksaan, imbuh Azriana, jarang menjadi rumah tangga yang harmonis. Kekerasan terhadap istri sering juga terjadi dalam pernikahan ini.

Selanjutnya adalah pernikahan cinta buta, yang banyak terjadi di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Pada pernikahan ini dinilai terindikasikasi rawan terjadi perdagangan manusia (trafficking). Ketika seorang suami mentalak tiga istrinya, secara hukum ia harus menikah dulu dengan pria lain agar bisa kembali kepada suami awalnya. “Seorang istri bisa dipaksa membayar pria untuk dinikahi sebentar, baru bisa kembali rujuk dengan suami pertamanya,” kata Azriana.

Dan yang terakhir, adalah cerai gantung. Pada kasus pernikahan ini, status seorang perempuan dibuat tidak jelas. Ia sudah tidak dibiayai oleh suami, hak-haknya juga tidak diberikan lagi. Namun, statusnya juga tidak dicerai.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: