Tidur “Ngawur” Percepat Kematian

Posted on May 11, 2010. Filed under: Headline News |

Penelitian terbaru masalah tidur, dilakukan American Cancer Society. Warga Amerika dengan interval usia antara 30-60 tahun, dengan jumlah lebih dari satu juta jiwa diuji yang diamati selama enam tahun.

Hasilnya menunjukkan, mereka yang tidur delapan jam sehari memiliki risiko 12 persen meninggal lebih cepat. Dan risikonya meningkat menjadi 17 persen pada orang-orang yang tidur tujuh jam sehari. Lalu menjadi lebih besar, 34 persen, pada orang-orang yang tidur sepuluh jam sehari.

Menurut pimpinan riset, Prof Daniel f. Kripke, MD, psikiater dari University of California, San Diego, risiko kematian pada orang yang tidur sepuluh jam sehari, sama dengan risiko kematian pada orang kegemukan. Karena pada dasarnya, kebanyakan tidur sama dengan kebanyakan makan tanpa olahraga, yang menimbun banyak racun di tubuh.

Pendapat senada disampaikan Jim Horne, PhD, dari Loughborough University, Inggris, yang juga meneliti masalah tidur. Ia merujuk kasus delapan mahasiswa di Prancis yang diuji untuk bermalas-malas di atas ranjang selama enam pekan dengan letak kepala lebih rendah dari kaki. Hasilnya, kekebalan tubuh mereka untuk melawan virus dan tumor menurun hingga 40-50 persen dalam dua minggu pertama. Seterusnya menurun lebih drastis lagi.

Bila kurang tidur? Risiko mati lebih dini juga ada. Dari hasil penelitian tercatat, risiko delapan persen kematian menimpa mereka yang tidur enam jam sehari. Jumlah ini meningkat menjadi 11 persen pada orang yang tidur lima jam sehari. Risiko kematian sebesar 17 persen disandang mereka yang tidur hanya empat jam sehari.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: