E-Psikologi, Berselancar Ilmu Psikologi di Internet

Banyak cara belajar psikologi. Salah satunya lewat internet.

Mencari ilmu, sekarang tidak lagi harus melalui buku atau sekolah. Internet bisa menjadi media alternatif yang menarik untuk mendapatkan akses pendidikan dari segala penjuru dunia dengan mudah. Murah, meriah, dan santai.

Banyak situs internet yang memberikan ragam materi ilmu, untuk anak-anak maupun dewasa, dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya belajar psikologi. E-Psikologi istilahnya, atau electronic psychology.

Di dunia maya, belajar psikologi seakan mengarungi bahtera tak bertepi. Tengoklah situs rumahbelajarpsikologi.com, misalnya. Sebagai “rumah belajar”, Anda hanya perlu duduk di depan komputer untuk mempelajari berbagai teori, menyampaikan gagasan, dan berdiskusi tentang psikologi di situs itu. Pada setiap topik, sumber-sumber bacaan yang akan memperkaya pemahaman Anda juga disediakan.

Khusus bagi Anda para pelajar psikologi pemula, disediakan pula kolom tempat Anda bisa menuangkan gagasan tentang psikologi yang telah Anda pelajari. Jika sudah “agak” mahir dalam bidang psikologi, disediakan tempat khusus untuk menampilkan artikel-artikel karya pribadi Anda. Tinggal mengklik salah satu fiturnya untuk melihat artikel-artikel yang telah ditampilkan.

Berbagai situs psikologi lainnya, juga mengundang Anda untuk berbagi pengalaman dengan orang lain. Seperti rumahbelajarpsikologi.com, e-psikologi.com, psiko-indonesia.blogspot.com, atau ilmupsikologi.com, dan masih banyak lainnya. Semuanya dapat menjadi tempat Anda berdiskusi, refleksi, maupun sarana katarsis.

E-Psikologi Islam

Bukan hanya psikologi konvensional. Dunia maya juga menyedikan banyak ruang untuk Anda mendalami psikologi Islam. Ada banyak situs yang bisa menjadi rujukan psikologi online. Misalnya psikologiislam-mujib.blogspot.com, dan psi-islami.blogspot.com.

Seperti diakui redaksi psi-islami.blogspot.com ini, kehadiran blog ini adalah hasil idealisme para mahasiswa pascasarjana Kajian Islam dan Psikologi (KIP) Program Studi Timur Tengah dan Islam (PSTTI) Universitas Indonesia. Sebagian bahan-bahan yang ditampilkan dalam blog tersebut, umumnya hasil diskusi di kelas bersama para dosen.

Bukan hanya amatir yang meramaikan kajian psikologi Islam di dunia maya. Para pakar psikologi juga aktif berselancar dan menebar ilmu-ilmu dan ide mereka ke dunia tanpa batas itu. Salah satunya Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI dan UIN Jakarta, yang “ikhlas” menebar karya-karyanya di mubarok-institute.blogspot.com.

Ada kebanggaan dan kesenangan tersendiri dari para pakar itu untuk terus berbagi pengetahuan dengan masyarakat pencinta ilmu psikologi Islam. Hanya berkah dan kemanfaatan yang mereka cari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: