Siap Memilih Tempat Kuliah

Selepas sekolah, banyak calon mahasiswa bingung menentukan pilihan tempat kuliah dan jurusan yang cocok untuk dirinya. Apa kiatnya?

Sebut saja namanya Bunga. Siswi kelas tiga SMU di Jakarta itu benar-benar bingung menentukan pilihan perguruan tinggi yang akan dimasukinya selepas SMU. “Pusing juga mau pilih yang mana,” ujarnya.

Kebingungan seperti Bunga, mungkin banyak dirasakan calon mahasiswa lain sebayanya. Bingung menentukan apakah kuliah lagi atau bekerja, belum lagi bingung menentukan pilihan perguruan tinggi yang diinginkan. “Ini persoalan mendasar. Pastikan dulu mereka harus kuliah,” kata Ikhlas Budiman, pengamat pendidikan Paramadina Jakarta.

Menurut Ikhlas, kebingungan memilih perguruan tinggi, pada hakikatnya adalah realitas kehidupan pendidikan. Karena secara psikologis, anak usia lulusan SMU memang agak berat ditugasi memutuskan pilihan tersebut. “Apalagi mereka yang tidak memiliki kompetensi atau keahlian,” ujarnya.

Karena itu, orangtua harus ikut mengarahkan agar anaknya tak bimbang memilih dan memutuskan. Sebab, banyaknya perguruan tinggi, membutuhkan kematangan dalam memilih yang sesuai dengan kepribadian anak. Terlebih, jalur pendidikan tinggi erat kaitannya dengan masa depan mahasiswa yang bersangkutan. “Walau menimbang seperti ini sebenarnya merupakan rangkaian dari berpikir paradigmatis tentang sebuah pilihan, tapi jangan sampai salah masuk jurusan,” kata Ikhlas.

Tugas Orangtua

Mengenai tujuan lembaga atau perguruan tinggi yang harus dipilih, psikolog yang anggota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Yulia Ekawati Tasbita, Psi. menyarankan agar orangtua memberi kebebasan kepada anak untuk menentukan ke mana ia akan melanjutkan sekolah, sesuai minat dan cita-citanya. Dengan memperhatikan seberapa besar kemampuan yang mereka miliki, agar tak salah arah.

Jika anak tidak tahu kemana ia akan melanjutkan pendidikan setelah lulus, ia akan gamang dan bingung terhadap apa yang dijalaninya. Sebagai orangtua, imbuh Yulia, sebaiknya turut berperan membantu anak dalam mengarahkan masa depannya dengan beberapa cara.

Seperti melakukan komunikasi terbuka dengan anak. Orangtua harus aktif menanyakan apa yang diinginkan anaknya, dan mendengarkan pendapatnya. Dari sini, orangtua bisa mengetahui keinginan-keinginan anak dan masa depannya.

Selain itu, orangtua juga harus mau membantu anak mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan ilmu yang sesuai dengan spesialisasi yang dipelajari anak saat SMU. Informasi ini bisa diperoleh dari berbagai media massa elektronik maupun cetak, bahan-bahan bacaan, hingga kalangan orang yang lebih tahu, seperti guru.

Perlu juga mendorong anak untuk melakukan tes minat dan bakat. Tes ini dilakukan oleh psikolog, yang akan mengkaji minat, bakat, dan kemampuan anak, sehingga baik anak maupun orangtua dapat mengetahui seberapa besar potensi, bakat, dan kesesuaian yang dimiliki anak dengan minat pekerjaannya. Ini sangat berguna untuk mengetahui secara tepat arahan jurusan ilmu yang sesuai bagi anak.

Memonitor, mengamati dan mengikuti usaha yang dilakukan anak juga sangat perlu. Disamping memberi mereka dukungan moral, empati, simpati, menemani dan memberi mereka semangat. Serta terus mengingatkan dan membimbing anak jika mereka mengalami kejenuhan atau berubah arah.

Tentunya, dalam urusan pendidikan, sudah menjadi tugas orangtua untuk menyiapkan biaya yang diperlukan. Dan orangtua tak boleh membebani anak dengan pekerjaan yang terlalu berat. Karena akan menggangu konsentrasi belajarnya. (Tata Septayuda)

BOX

Tips Menghadapi SNMPTN

Banyak calon mahasiswa berharap besar dapat lolos ujian saringan menuju perguruan tinggi negeri impiannya. Tenaga, biaya dan otak banyak terkuras. Agar tak gagal dan merugi, butuh persiapan mental dan intelektual memadai. Berikut ini beberapa tipsnya.

– Lebih Serius Bimbel

Karena sudah lepas dari sekolah, bimbel (bimbingan belajar) adalah sarana tepat untuk terus mengupdate wawasan dan pengetahuan. Saat ini, banyak bimbel yang fokus mengkaji ujian dari beberapa universitas favorit. Pilihlah yang terbaik.

– Membuat Kelompok Belajar

Kumpulkan teman-teman yang ikut di berbagai bimbel. Dengan begitu, akan didapat lebih banyak referensi dan variasi metode pembelajaran. Buatlah pertemuan rutin untuk belajar bersama, dan mendiskusikan soal-soal yang sudah diajarkan. Cara ini efektif untuk menyegarkan kembali ingatan dan batin.

– Les Bahasa Asing

Ikutan kursus bahasa asing bisa menjadi referensi tambahan untuk menambah pilihan jurusan kuliah nanti. Walau materi bahasa asing tak begitu banyak diuji saat SNMPTN, tapi pendalaman terhadap bahasa asing sangat berguna untuk memperkaya ilmu.

– Mengikuti Workshop

Agar otak tak lelah karena terus menerus belajar, imbangi dengan mengikuti workshop seni. Mungkin, dari workshop ini akan ditemukan bakat baru yang selama ini terpendam. Bakat ini bisa menjadi alternatif pilihan jurusan impian kelak.

– Memikirkan Jurusan Lain

Terkadang, calon mahasiswa memilih suatu jurusan keilmuan, karena memiliki impian bekerja di bidang favoritnya. Namun, mengambil jurusan yang kurang diminati banyak orang tapi berprospek cerah untuk diri sendiri, itu sangat membuka lebar peluang untuk diterima di PTN.

– Banyak Berdoa

Penyerahan diri dalam berdoa menyimpan kesan mendalam mendorong kesuksesan kita mengerjakan sesuatu. Tentunya harus dibarengi dengan usaha belajar yang keras, maka doa akan terkabul.

– Tidur dan Olahraga

Tidur dan olahraga bermanfaat besar untuk kekuatan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ronald S. Duman dari Yale University di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa olahraga bisa mengubah mood dan melepaskan depresi. Setelah berolahraga, otak kita akan siap diberi pelajaran baru. Sementara kekurangan jam tidur akan menghambat kemampuan berpikir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: