Ibu: Sekolah Utama

Adagium “Al-Ummu madrasatun kubrâ” (Ibu adalah sekolah yang utama) benar adanya. Terbukti melalui sebuah riset, peran ibu dalam mendidik anak lebih besar ketimbang ayah. Riset terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, anak yang dirawat ayah tidak begitu memiliki otak cemerlang semasa kanak-kanak. Sebaliknya, anak di bawah pangkuan atau didikan ibu, akan mempunyai otak lebih cemerlang.

Riset dilakukan terhadap kemampuan berpikir sejumlah anak selama masa kanak-kanak atau menjelang remaja. Kelebihan ibu dalam peran mereka dalam mengurus anak diperlihatkan pada riset ini. dan riset ditujukan untuk menguji kemampuan daya ingat, menangkap pelajaran dan konsentrasi.

Tim riset menganalisis data 33.437 anak yang lahir antara 1959 dan 1965 di AS. Masing-masing anak diberi tes fungsi otak saat berusia delapan, empat tahun dan tujuh tahun. Dilakukan pula penelitian terkait faktor sosial-ekonomi, seperti pendapatan keluarga dan pendidikan orangtua.

Hasil riset memperlihatkan anak di bawah asuhan seorang ayah berusia lebih matang, memiliki nilai lebih rendah dalam berbagai tes. Sebaliknya anak yang didik seorang ibu berusia lebih matang. Mereka mendapat skor lebih tinggi.

Kelebihan ibu yang satu ini, dijelaskan para periset, kemungkinan karena faktor lingkungan yang membuat anak lebih pandai di bawah asuhan mereka. Faktor genetik juga menjadi penentu. Adanya bukti mutasi gen menjadi lebih berkembang dalam sperma pria dalam usia mereka yang lebih matang.

Tapi riset sebelumnya memperkirakan, anak di bawah didikan seorang ayah akan lebih baik kehidupannya, mengingat biasanya seorang ayah mempunyai pendapatan yang lebih baik. Dengan begitu si anak akan mendapat pelayanan pendidikan dan lainnya yang lebih baik ketimbang di bawah asuhan seorang ibu. (Hanim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Rubrikasi

  • Office

    Jl. Pancoran Baran XI no. 2 Jakarta Selatan Phone: (021)79184886-(021)27480899 Email: majalahqalam@yahoo.com

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: